Makanan Khas Lampung Yang Populer Saat Ramadhan

Makanan Khas Lampung Yang Populer Saat Ramadhan Source Picture : lampung.tribunnews.com

Bandarlampungku.com - Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Bulan yang sangat dinanti - nantikan oleh seluruh umat Islam di Dunia. Di Indonesia, banyak hal - hal menarik yang mencirikan Ramadhan mulai dari kegiatan sehari-hari, pakaian bahkan kuliner.

Nah, Lampung ternyata punya juga nih makanan khas yang biasanya cuma ada dibulan ramadhan. Mungkin diantaranya masih sering kita temuin dihari-hari biasa meski tidak banyak. Berikut beberapa diantaranya :

1. Es kopi luwak

es kopi luwak

Foto Oleh berbagitelunjuk.blogspot.com

Es kopi luwak menjadi minuman khas berbuka puasa saat bulan Ramadhan apalagi di Kabupaten Lampung Barat. Dewasa ini, terdapat banyak inovasi dalam menyeruput kopi luwak ini. Es Kopi Luwak ini biasa disajikan saat berbuka puasa sebagai pengganti tenaga yang hilang selepas seharian berpuasa. Apalagi ditambah dengan madu, hmm makin membuat kopi ini makin segar.

2. Juadah Durian

juadah surian

Foto Oleh article.wn.com

Di daerah pesisir Lampung Barat, terdapat suatu penganan khas yang dinamakan Juadah Durian. Cara mambuatnya tergolong mudah, yaitu dengan memilih durian yang matang, lalu memisahkan antara daging dan bijinya. Selanjutnya, daging buah dimasak atau disangrai sampai mengering lalu ditambahkan gula aren, kayu manis, dan sedikit air. Prosesnya sendiri memerlukan waktu sekitar satu jam dengan kondisi api yang stabil supaya gula aren tidak menjadi gosong dan pahit rasanya. Dibulan Ramadhan, juadah durian biasanya disajikan sebagai menu wajib berbuka puasa.

 

3. Kue Segubal

segubal

Foto Oleh ahyarxtotheo.wordpress.com

Mungkin Segubal sudah tidak asing lagi ditelinga Masyarakat Lampung. Segubal merupakan makanan tradisional aseli Lampung. Makanan yang terbuat dari beras ketan dan santan ini biasanya disajikan saat bulan Ramadhan. Kue tradisional masyarakat Lampung ini biasanya hanya muncul saat ada perayaan adat. Namun di bulan Ramadhan seperti ini, segubal biasa disantap sebagai menu berbuka puasa.

 

4. Sambal Halipu

sambal halipu

Foto Oleh Istimewa

Sambal "halipu" atau siput sawah termasuk menu makanan khas yang digemari masyarakat Lampung saat Ramadhanterlebih di daerah Lampung Barat. Masyarakat Lampung Barat juga biasa mengolah siput sawah itu dengan disantan atau ditumis, tetapi mereka lebih menyukainya dijadikan sambal siput.

 

5. Ikan Asap

Ikan asap

Mendekati Bulan Ramadhan, Permintaan ikan asap jenis blue merlin meningkat. Apalagi di daerah Kecamatan Pesisir Selatan Lampung Barat, Krui. Ikan asap yang berbahan ikan blue merlin ini cukup diminati dan membuat omset penjualan produk olahan ini meningkat.

Wooolla... Apa menu - menu diatas selalu ada di menu buka puasa kalian ? Yuuk dicoba..

 

Punya informasi lebih mengenai Makanan Khas Lampung di Bulan Ramadhan? silahkan komentar dibawah atau kirim ke email redaksi.bdl[at]gmail.com

 

Akhmad Apriyadhi

About the Author

Akhmad Apriyadhi Supporter, Goweser, Traveller | #MakingYourCityWow

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l8r528.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...