Nggak Cuma Laut, Danau Juga Jadi Objek Wisata Andalan Lampung

Nggak Cuma Laut, Danau Juga Jadi Objek Wisata Andalan Lampung Source Picture : www.sumatratour.org

Jika Sumatera Utara sangat terkenal dengan Danau Tobanya, maka Lampung  terkenal dengan Danau Ranaunya. Mungkin sebagian dari kamu belum terlalu familiar dengan danau satu ini. Tapi jangan salah, Danau yang terletak di Kabupaten Lampung Barat ini merupakan danau terluas kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Data menyebutkan, luas Danau Ranau ialah 125,9 km2, sedangkan Danau Toba mencapai 1.130 km2.

Danau Ranau terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung berapi dan gempa bumi yang dahsyat. Kondisi geografis berupa perbukitan bikin cuaca di sini sejuk banget.

Buat sampai ke Danau Ranau, dari arah Bandar Lampung kamu harus melewati rute Bandar Jaya, Bukit Kemuning, Kota Bumi dan Liwa. Sensasi perjalanan ke Danau Ranau sangat terasa mengingat medan yang mesti ditempuh. Lampung Barat yang terkenal sebagai daerah perbukitan, memiliki kondisi jalan yang berliku-liku. Bahkan, jalan yang relatif sempit ini nggak punya pagar pembatas jalan lho. Bagi kamu yang suka memacu adrenalin, perjalanan ini bakalan jadi pengalaman seru. Tapi buat kamu yang penakut, banyak-banyakin berdoa aja deh. Hehehe.

Tapi tenang, perjalanan melelahkan ini seketika bakal terbayar lunas setelah kamu sampai di Danau Ranau. Pemandangan alam yang indah, dimana terhampar Gunung Seminung di sampaing danau, air danau yang jernih, serta udara bersih yang sejuk bakalan buat kamu ogah cepet-cepet pulang deh.

Di sisis lain, Danau Ranau terkenal banget sama ikan-ikannya yang berukuran besar. Di sini kamu bisa beli ikan dari nelayannya langsung dan menikmati indahnya pemandangan sambil makan ikan bakar yang ditemani secangkir teh hangat.

Cantiknya Danau Ranau di OKU Selatan

Source Picture: www.tribunnews.com

Nggak cuman itu, kalo Danau Toba punya Pulau Samosir di tengah danaunya, maka Danau Ranau punya Pulau Marisa. Di pulau ini, kamu bisa menikmati pemandian air panas yang bercampur belerang. Meskipun bau belerang sangat menyengat, lama-lama kamu juga bakalan terbiasa. Nah, buat kamu yang bermimpi punya kulit sehat yang mulus, pemandian air panas ini cocok banget buatmu. Soalnya belerang kan punya kandungan yang baik buat kulit dan juga sebagai obat  penyakit-penyakit kuilit lainnya.

Kamu pastinya nggak mau buru-buru pulang dong setelah sampai di Danau Ranau. Untuk kamu yang berniat menginap, terdapat sebuah hotel di tepi danau yang dikelola PT Pusri. Tapi kalo kamu mau nyari yang lebih murah, kamu bisa juga menyewa kamar di rumah penduduk dengan harga sekitar Rp 30 ribu permalam.

Gilang Jaka Pramana

About the Author

Gilang Jaka Pramana Living large and taking charge! | Autodidactic Blogger and Creativepreneur.

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l9r191.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...