Mugi Fitrianto, Mahasiswa DO Sukses Bisnis Buah Melalui Online

Mugi Fitrianto, Mahasiswa DO Sukses Bisnis Buah Melalui Online Source Picture : Mugi Fitrianto

Berbisnis online bukanlah merupakan hal yang asing lagi di kalangan masyarakat. Seiring berkembangnya teknologi, masyarakat dapat memanfaatkan teknologi untuk berbisnis. Bisnis yang biasanya hanya dipasarkan secara offline, kini sudah merambah menjadi bisnis online. Hal ini dapat meningkatkan penjualan ataupun membuat brand yang dijual menjadi lebih dikenal. Kita sering menemukan banyak pedagang yang menjual produknya di berbagai macam social media seperti facebook, twitter, instagram dan berbagai macam socmed lainnya.

Pada social media, biasanya kita hanya melihat bisnis kecil-kecilan seperti bisnis pakaian, sepatu, buku, jam tangan, dan sebagainya. Akan tetapi, ada yang berbeda dari bisnis yang dilakukan oleh Mugi Fitrianto, yaitu bisnis buah-buahan online.

Mugi memulai bisnis buahnya tidak dengan instan. Setelah Drop Out pada tahun kelimanya di STIES Jakarta, Mugi berjualan ketoprak selama 2 bulan. Akan tetapi, karena tidak berkembang, ia mengganti usahanya dengan berjualan Es Buah selama 2 tahun dan ia memutuskan berhenti karena hal yang sama. Setelah itu, Mugi memulai bisnis buah-buahannya sebagai pedagang kaki lima di Jl. Juanda, Pahoman, Bandarlampung.

Kegemarannya ‘bermain’ facebook ternyata menjadi sebuah jalan baru bagi bisnisnya, Mugi Fitrianto yang biasanya dipanggil Mas Kipluk sapaan oleh teman-teman kuliahnya dulu, ini membuatkan account khusus untuk bisnis buahnya yaitu ‘Toko Buah Maskipluk’. Account ini digunakan Mugi untuk menjual buahnya secara online. Memberikan promo yang unik, yang mungkin belum pernah dilakukan siapapun pada skala pedagang kaki lima. Seperti pelayanan gratis ongkos kirim untuk pembelian minimal Rp.100.000,- untuk area bandarlampung.

Pisang di Toko Buah Mas Kipluk

Gambar : Buah pisang di Toko Buah Mas Kipluk Memiliki Kualitas yang baik

Tidak diduga, banyak pelanggan yang memesan buah-buahan melalui pesan antar hanya karena melihat account facebook ‘Toko Buah Maskipluk’. Atau bahkan sebaliknya, ada pembeli yang datang langsung ke kiosnya, setelah tau ada layanan gratis ongkos kirim, justru pelanggan memilih untuk minta delivery order.

Kini usahanya berkembang pesat. Lebih dari 3 supplier memasok buah-buahan di toko buahnya seminggu sekali dan juga sebagai pemasok pisang ke beberapa perusahaan kue ternama di bandarlampung. Buah-buahan yang dijual selalu fresh, hal ini membuat banyak orang yang berlangganan untuk membeli buah di toko buahnya.

Shyntia Hani Tiara Putri

About the Author

Shyntia Hani Tiara Putri Mahasiswi Ilmu Komuniasi Unila

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l8r268.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...