Menengok Eksotisme Kupu-kupu Sumatera di Taman Wisata Gita Persada

Menengok Eksotisme Kupu-kupu Sumatera di Taman Wisata Gita Persada Source Picture : Tribun Lampung / Okta

Buat kamu yang senang berwisata ke tempat unik, coba deh main ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Wisata alam seluas lima hektar ini terletak di Jl. Way Rahman, Kemiling Bandar Lampung. Taman yang ada sejak 1997 lalu itu, sengaja didirikan guna melindungi segala jenis kupu-kupu Sumatera dari kepunahan akibat penggundulan hutan dan perusakan habibat asli mereka.

Taman Wisata Gita Persada

Source Picture: Tribun Lampung / Okta

 

Selain berwisata, kamu juga bisa belajar tentang gimana kehidupan kupu-kupu di habitatnya. Kalo kamu hobi fotografi, tempat ini masuk dalam list objek foto yang wajib kamu kunjungi. Karena hanya dengan Rp 10 ribu, kamu udah bisa nikmatin sejuknya suasana karena banyak pepohonan rindang, beraneka jenis bunga cantik serta berbagai spesies kupu-kupu yang siap menyambut kedatanganmu.

Taman ini mempunyai sekitar 180 spesies kupu-kupu, di antaranya Perut Merah, Kepompong Emas, Widuri, Daun Cokelat, Buntar, Kertas, Johar Kuning, Cacapuri, Ekor Pedang, Sirsak Hijau, Sirsak Biru, Kupu Hijau, Limau Tutul, Limau halom, Limau Balak, dan Troides helena. Bedanya dengan taman kupu-kupu lain yang cuman ngumpulin kepompong terus dilepas di sebuah tempat, Taman Kupu-Kupu Gita Persada adalah hasil rekayasa habitat alami kupu-kupu sebagai lingkungan yang bener-bener cocok buat kehidupan berbagai jenis kupu-kupu ini.

Taman Kupu-Kupu Gita Persada

Source Picture: Tribun Lampung / Okta

 

Nggak cuman itu, taman ini punya banyak fasilitas gratis yang bisa kamu nikmatin. Antara lain pendopo, rumah pohon, WC umum, penangkaran kupu-kupu serta sarana bermain anak. Adapaun kalo kamu mau tahu lebih banyak tentang kupu-kupu, kamu bisa masuk ke area penangkaran. Disini kamu bakal liat proses metamorfosis kupu-kupu, liat telurnya, ulat, kepompong, dan kupu-kupu itu sendiri yang bahkan bisa kamu sentuh langsung.

Nah kalo laper, jangan khawatir. Kamu bisa langsung dateng ke Tea House. Yaitu area dimana kamu bisa nikmatin makanan atau minuman di Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Kamu juga nggak dilarang kok untuk bawa makanan sendiri dari luar. Tapi kalo nggak bawa dan pas banget laper, kamu bisa deh mesen makanan di Tea House dengan harga menu yang murah banget, yaitu berkisar antara Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu saja.

Gilang Jaka Pramana

About the Author

Gilang Jaka Pramana Living large and taking charge! | Autodidactic Blogger and Creativepreneur.

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l8r996.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...