Cari tau cara Untuk Membangun Kekompakan Team Disini

Cari tau cara Untuk Membangun Kekompakan Team Disini Source Picture : @s2sindonesia

“Jika ingin berlari cepat,berlarilah sendiri,jika ingin berlari jauh, berlarilah bersama sama”

Dalam suatu perusahaan, kerjasama team sangat dibutuhkan untuk mencapai apa yang menjadi tujuan perusahaan. Kerjasama yang baik dari level top management (pimpinan perusahaan) hingga ke low level management (para pekerja dengan grade terendah) menjadi sangat penting dalam mencapai kesuksesan perusahaan. Suatu perusahaan akan berjalan dengan baik dan mendapatkan banyak keuntungan, tidak hanya keuntungan secara financial namun juga benefit secara social dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di perusahaannya jika kerjasama team yang dibangun solid dan setiap orang saling bersinergi dna memberi kontribusi positive.

Ketika bekerja, biasanya kita ditempatkan dalam unit-unit kerja/department yang berisi tidak hanya kita sendiri,namun juga diisi oleh beberapa orang sebagai anggota team.  Meski terdengar mudah dilakukan ,namun tidak jarang ada saja hal-hal yang membuat kerjasama team tidak berjalan dengan baik. Berikut adalah hal-hal yang membuat teammu menjadi tidak kompak :

Persaingan yang Tidak Sehat

Dalam dunia kerja, persaingan antar rekan kerja lumrah terjadi. Hal tersebut memacu setiap orang untuk dapat menampilkan potensi dan prestasi di tempat kerja. Namun seringkali persaingan yang muncul tidak hanya persaingan secara sehat,namun persaingan secara tidak sehat. Banyak kita temui, antar rekan kerja yang saling sikut,dan melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak baik hanya untuk tampil “maksimal” di pekerjaannya. Bisa kita bayangkan,pasti banyak tujuan team yang tidak akan pernah tercapai dalam kondisi seperti itu

 

Keegoisan

Ketika kita bekerja dalam team,setiap orang harus mampu meredam ego masing-masing demi mendapatkan keputusan terbaik yang diambil secara bersama-sama. Namun tidak semua orang mampu melakukan hal tersebut,ada orang yang memiliki sikap egois yang tinggi sehingga selalu mementingkan diri sendiri.

            Ada ketidakadilan

Tidak selamanya kita mendapatkan perlakuan yang adil dari atasan maupun rekan kerja.Persaingan yang tidak sehat, memaksa atasan maupun rekan kerja lainnya memperlakukan kita dengan tidak adil.Pada saat kita mengalami ini,semangat bekerja kita akan menurun sehingga mempengaruhi performa kerja kita dan performa kerja team secara keseluruhan.

 

Nah,untuk membuat team kita selalu kompak,ada beberapa tips yang bisa kita terapkan agar semangat kerjasama dalam team selalu solid:

1.      Menyusun strategi untuk mencapai tujuan bersama

Setiap divisi/unit kerja pasti memiliki waktu bersama untuk koordinasi. Koordinasi ini dilakukan untuk menyusun strategi dalam mencapai apa yang menjadi tujuan dan capaian bersama.  Jika ternyata belum dilakukan, mulailah mengambil inisiatif,ajaklah rekan-rekan kerjamu untuk duduk bersama membuat strategi bersama ini.

2.      Menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat

Right man on the right place. Dalam sebuah team, penempatan orang yang salah di posisi yang salah berpengaruh besar terhadap kesuksesan tujuan team tersebut dan perusahaan. Jika kamu saat ini sudah berada di posisi atasan, jelilah untuk mengenali sifat,karakter dan capaian dari setiap karyawan,jika saat ini kamu masih berada dalam posisi karyawan biasa,mulailah benahi dirimu,temukan potensi dan tunjukan performa kerja terbaikmu sehingga atasan mudah mengenalimu sebagai karyawan potensial yang sewaktu-waktu bisa di promosikan ke posisi yang lebih baik.

3.      Memberikan tugas yang jelas pada setiap orang

Setiap orang harus mendapatkan tugas yang jelas, deskripsi kerja yang tidak jelas berpengaruh pada beban kerja serta hal-hal lain yang membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman dan peran kerja yang tidak adil antara satu karyawan dengan karyawan lainnya. Jika kamu dalam posisi ini,bicaralah dengan atasanmu, tidak perlu sungkan,mereka perlu tahu bahwa deskripsi kerja yang jelas berpengaruh pada performa kerja kita nantinya

4. Memberi motivasi dan reward

Dalam sebuah team work, pemberian motivasi dan reward menjadi bagian tambahan yang dapat meningkatkan semangat kerja team, Saling memberi motivasi dan penghargaan dapat menambah keeratan jalinan pertemanan yang ada.

 

 

5. Bangunlah komunikasi yang baik dan efektif antar sesama team

Saling terbukalah, bicarakan hal-hal yang menjadi masalah dalam team dengan kepala dingin,rayakan hal-hal baik yang menjadi capaian dalam teammu,sekecil apapun capaian tersebut.

Semoga tulisan diatas bisa membantumu membangun team yang solid dan menyenangkan di tempat kerja

Sumber:

·         https://www.finansialku.com/cara-membangun-kerja-sama-tim/

Module employability skills program Skills to Succeed , Save The Children

Ryan Januar Sherty

About the Author

Ryan Januar Sherty Connect, Share and Get idea. Amateur web and creative designer. Juru ketik. Antithesism.

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l9r425.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...