Sering Stress dan Khawatir? Begini cara mengatasinya

Sering Stress dan Khawatir? Begini cara mengatasinya Source Picture : @s2sindonesia

Rasanya berlebihan jika ada manusia yang mengklaim dirinya tidak pernah merasa khawatir, tidak pernah merasa stress. Dari bangun tidur hingga kita tidur lagi, pasti ada saja hal-hal yang membuat kita khawatir hingga stress melanda. Saat ini, stress banyak dialami tidak hanya orang dewasa namun juga anak-anak. Tidak hanya mereka yang sedang menganggur, namun juga para pekerja, sering kali di landa stress. Stress bukanlah suatu penyakit, namun jika tidak segera ditangani dalam jangka waktu tertentu, maka stress akan berkembang menjadi masalah kesehatan.

Nah,agar kamu tidak mengalami stress ditempat kerja kenali yuk lima penyebab teratas terjadinya stress ditempat kerja :

  1. Tuntutan memenuhi target kerja

Setiap pekerja,apapun posisinya, pasti memiliki target yang berkaitan dengan apa yang harus dicapai olehnya baik sebagai individu maupun sebagai team. Seringkali, banyak pekerja yang tidak siap mencapai target yang sudah ia sepakati pada saat ia diterima bekerja. Kondisi ini membuat ia merasa tertekan dan stress

  1. Lingkungan kerja yang tidak nyaman

Bicara soal lingkungan kerja, didalamnya pasti terkait dengan tempat kerja dan hubungan antara pekerja dengan rekan kerja serta atasan. Tempat kerja yang tidak nyaman membuat seseorang menjadi stress, belum lagi persaingan antar karyawan yang begitu tinggi  menyebabkan banyak pekerja menghalalkan segala cara untuk mendapatkan penilaian baik dari atasan, meski mereka harus mengorbankan pekerja lainnya.

  1. Kurangnya kerjasama antara  atasan dan karyawan

Adakalanya,dalam sebuah team work, tidak hanya hard skills saja yang berperan dalam menentukan kesuksesan sebuah team, namun juga kemampuan soft skills berkaitan dengan kerjasama team. Kurangnya kerjasama antara atasan dan karyawan ,membuat para kerja menjadi down karena hal ini akan berkorelasi dengan tidak tercapainya target yang seharusnya akan dicapai.

  1. Gaji /penghasilan yang tidak sesuai dengan beban kerja

Sulitnya berkompetisi dalam mendapatkan pekerjaan menyebabkan banyak pelamar kerja yang “terpaksa” menerima pekerjaan yang memiliki beban kerja yang sangat tinggi. Sayangnya, beban kerja sangat tinggi ini tidak sesuai dengan penghasilan yang di dapat. Hal ini menjadi salah satu penyebab pekerja mengalami stress ditempat kerja.

  1. Masalah pribadi

Percaya atau tidak,membawa masalah pribadi ke dalam pekerjaan akan mempengaruhi performa kerja kita. Hubungan dengan rekan kerja dan atasan menjadi tidak baik hingga target kerjaan yang tidak akan dapat kamu capai karena mood mu tidak baik dan semangat kerjamu menurun.

 

Nah,agar bebas dari rasa khawatir dan stress di tempat kerja, ada loh cara mudah untuk menghadapi stress dan kekhawatiran ini. Rumus dibawah ini tidak hanya bisa digunakan dalam mengatasi stress ditempat kerja, namun juga untuk mengatasi kekhawatiran berlebihanmu di kehidupan sehari-hari :

 

Cara lainnya, kamu juga bisa menerapkan tips mengurangi kekhawatiran dan stress di tempat kerja dengan cara berikut ini :

  1. Tumbuhkan kepercayaan dalam diri bahwa 90 persen kekhawatiran tidak akan pernah terjadi
  2. Rencanakan dengan baik kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaanmu

Perencanaan yang matang akan membuat beban kerja semakin ringan, hal ini dapat menjauhkan kamu dari berbagai macam kesalahan yang mungkin ditimbulkan akibat kebiasaan tergesa-gesa. Biasakan membuat daftar pekerjaan apa saja yang belum dan sudah dilakukan. Tuliskan apa yang menjadi target kerja hari ini,minggu ini dan bulan ini sehingga kamu bisa segera mengetahui pencapaian kerja kamu sejauh ini.

  1. Pahami dengan baik tugas dan tanggung jawab kamu di tempat kerja

Jangan pernah berhenti belajar.Jika ada hal-hal berkaitan dengan tugas dan tanggung jawabmu ditempat kerja yang kurang kamu pahami dengan baik, bertanyalah. Bertanyalah pada sesama rekan kerja maupun atasan kamu jika kamu membutuhkan informasi seputar tugas dan tanggung jawabmu. Yakinlah mereka akan dengan senang hati membantu

  1. Bekerjasama membangun suasana kerja yang menyenangkan

Iklim kerja yang menyenangkan tidak hanya membuat suasana kerja menjadi menyenangkan namun juga meningkatkan semangat dan mood para pekerja sehingga akan meningkatkan produktivitas kerja seseorang. Namun tentu saja kamu tidak bisa melakukannya sendirian, semua karyawan harus berpartisipasi dalam membangun iklim kerja yang menyenangkan. Pilihlah rekan kerja yang menyenangkan. Disekitarnya kamu akan merasa mendapatkan dukungan semangat, pengetahuan dan keterampilan.   Menjauhlah dari mereka yang banyak mengeluh dan stress. Atau jika terpaksa harus berdekatan dengan mereka. cobalah berbagi semangat positive yang kamu miliki. Selain itu selalu rapikan ruang kerja kalian, ruang kerja yang rapi dan bersih juga akan membuat suasana kerja menyenangkan.

 

  1. Jika 4 tips diatas belum juga berhasil menghilangkan kekhawatiran dan  stressmu di tempat kerja, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam, renungkan kembali apa tujuanmu dalam bekerja, beristirahatlah sejenak, lakukan hal yang membuatmu senang seperti mendengarkan music atau menuliskan hal-hal yang membuatmu bersyukur telah mendapatkan pekerjaan ini.

 

Semoga tulisan tadi bermanfaat ya, selalu ingat bahwa kekhawatiran tidak akan menghilangkan kesulitan pada hari esok. Tetapi, akan menghilangkan kekuatan pada hari ini.

Sumber:

  1. Module employability skills program Skills to Succeed Save the Children
  2. https://keluarga.com/2955/penyebab-stres-di-tempat-kerja-dan-cara-mengatasinya
  3. https://biropsikologi.info/6-cara-mengatasi-stress-di-tempat-kerja.html
Ryan Januar Sherty

About the Author

Ryan Januar Sherty Connect, Share and Get idea. Amateur web and creative designer. Juru ketik. Antithesism.

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l9r412.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...