Ga Cuma Jodoh, Simak Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Kepribadianmu Disini

Ga Cuma Jodoh, Simak Pekerjaan Yang Sesuai Dengan Kepribadianmu Disini Source Picture : @s2sindonesia

Dalam memilih pekerjaan biasanya kita akan menyesuaikan dengan jenis kepribadian yang kita miliki. Hal ini menjadi pertimbangan kita karena pekerjaan yang cocok dengan karakter kita akan membuat kita lebih nyaman. Selain gaji, lokasi kerja, lingkungan dan fasilitas, hal yang juga sangat penting untuk diketahui sebelum memulai kerja adalah kepribadian diri, Kepribadian sangat mempengaruhi kecocokan kita dengan pekerjaan yang kita geluti. Jika kamu bisa mendapatkan pekerjaan dengan kepribadian dan lingkungan kerjamu, kamu bisa lebih optimal dalam mengembangkan diri untuk mencapai kesuksesan dan akan merasa lebih nyaman mengekspresikan dirimu dan melakukan kebiasaanmu di lingkungan kerja.

Jadi sebenarnya pekerjaan apa yang cocok dengan kepribadianmu? Berikut adalah 6 tipe kepribadian dan jenis pekerjaan yang cocok dengan kepribadian tersebut. Jangan lupa untuk mengisi “LEMBAR PENILAIAN TIPE KEPRIBADIAN” di bawah ini yaa.

 

  1. Realistis

Pribadi yang realistis menyukai kegiatan kerja praktik (bukan teori), dan upaya memecahkan masalah secara langsung. Mereka senang mengurusi tanaman, binatang dan bahan-bahan alami misalnya kayu, perkakas dan mesin. Mereka menyukai pekerjaan di luar ruangan. Sering kali mereka tidak menyukai pekerjaan yang melulu mengurusi masalah dokumentasi atau bekerja dengan orang lain.

  1. Investigatif

Pribadi yang investigatif menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan gagasan atau ide dan pemikiran ketimbang pekerjaan fisik. Mereka senang mencari tahu fakta dan memecahkan masalah secara mental ketimbang berhubungan atau mengarahkan orang lain.

  1. Artistik

Pribadi yang artistik menyukai kegiatan yang berhubungan dengan sisi artistik sesuatu hal misalnya bentuk, rancangan dan pola. Mereka menyukai ekspresi jiwa dalam pekerjaan mereka. Mereka lebih menyukai melakukan pekerjaan tanpa harus mematuhi aturan tertentu.

  1. Sosial

Pribadi yang bersifat sosial menyukai pekerjaan yang membantu orang lain serta mendukung pengembangan diri dan pembelajaran. Mereka lebih menyukai berkomunikasi ketimbang bekerja dengan objek, mesin atau data. Mereka senang mengajak, memberi nasihat, membantu atau melayani orang lain.

  1. Enterprising

Pribadi yang bersifat seperti pengusaha ini suka menginisiasi sebuah proyek atau bisnis. Mereka senang mengajak, mempengaruhi dan memimpin orang serta membuat keputusan. Mereka senang mengambil risiko demi keuntungan. Kepribadian ini menyukai aksi ketimbang berpikir.

  1. Konvensional

Pribadi yang bersifat konvensional ini menyukai kegiatan yang mengikuti prosedur dan bersifat rutin. Mereka menyukai bekerja dengan data dan rincian ketimbang mencari gagasan. Mereka menyukai bekerja dengan standar yang rinci ketimbang memutuskan bekerja dengan cara sendiri. Kepribadian ini senang bekerja di mana garis wewenang terlihat jelas.

 

Sumber: Modul Job Counselling, Skills to Succeed program – Yayasan Sayangi Tunas Cilik

https://glints.com/id/lowongan/jenis-pekerjaan-dan-kepribadian/

Lembar Assesment Tipe Kepribadian

 

Ryan Januar Sherty

About the Author

Ryan Januar Sherty Connect, Share and Get idea. Amateur web and creative designer. Juru ketik. Antithesism.

Shortlink : http://bandarlampungku.com/l9r451.bdl

Comments

    • Belum ada komentar pada artikel ini...